pages

Jumat, 25 September 2015

RESEP AYAM GORENG KOREA (CHICKEN BONCHON)


APA ITU CHICKEN BONCHON???



Chicken Bonchon adalah salah satu restoran di korea yang sudah membuka cabang restorannya di jakarta, yang terkenal dengan menu ayam goreng nya. Dalam bahasa Korea, Bon Chon bermakna “old village”. Konsep dapur tradisional Korea memang diterapkan pada seluruh cabang Bon Chon Chicken di dunia. Salah satunya pencucian ayam yang dilakukan manual dengan tangan. Jadi dijamin bebas bulu halus dan kotoran lemak di bawah kulit ayam. Tak heran jika New York Times pernah menobatkan Bon Chon sebagai ayam terbaik di Amerika.

Kenapa ayam goreng bonchon sangat digemari? Menu ayam goreng tepung yang dibalur dengan saus yang dibuat dengan resep turun temurun dari keluarga yang pendiri nya ini memiliki rasa khas korea tapi masih dapat diterima oleh lidah orang indonesia karena itu banyak yang menggemari menu ayam yang satu ini.

Karena baru wilayah jakarta saja Bonchon membuka cabangnya, serta banyak orang kesulitan karena tidak dapat mencicipi ayam bonchon dan harga nya yang tergolong lumayan mahal untuk sepotong ayam, maka berikut adalah cara membuat ayam goreng bonchon.



Bahan-bahan

1/2 kgsayap ayam potong jadi 2 bagian
4 sdmtepung terigu
1 sdmtepung beras (optional)
1 sdmtepung maizena
1 sdtbaking soda
secukupnyamerica
secukupnyagaram
secukupnyagula pasir
3 siungbawang putih, chop2
2 sdmsaus tomat
1 sdmsaus tiram
4 sdmsaus sambal
2 sdmmadu
1 sdtcuka masak/ air jeruk nipis
+

    Langkah

      • Cuci bersih ayam dan tiriskan, beri sedikit garam, merica dan tepung maizena secukupnya, aduk rata biarkan meresap. Taruh di kulkas 30 menit.
      1. +
        • Di wadah terpisah, campur tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, baking soda, garam, dan merica, aduk hingga merata.
        1. +
          • Setelah kurang lebih 30 menit, masukkan ayam ke dalam campuran tepung, remas-remas ayam hingga tepung menutupi seluruh bagian luar ayam. Ayam tepung harus kering, tidak basah seperti adonan. Jika masih basah tambahkan terigunya.
          1. +
            • Panaskan minyak di api sedang. Setelah panas masukkan ayam tepung tadi dengan api kecil-sedang agar didalamnya matang sempurna. Jangan terlalu lama, jika sudah agak kekuningan angkat dan tiriskan.
            1. +
              • Goreng lagi ayam yang sudah ditiriskan menggunakan api sedang hingga warnanya emas kecoklatan dan terasa kering dan garing. Lalu angkat dan tiriskan.
              1. +
                • Sambil menunggu ayam gorengan kedua mengering, di wajan terpisah, tumis bawang putih hingga harum, masukkan saus tomat, saus tiram, saus sambal, madu, merica, gula dan garam (sedikit saja karena sudah ada saus tiram & madu) aduk rata. Terakhir tambahkan cuka atau air jeruk nipis. (Bisa tambahkan minyak wijen 1 sdt jika ada). Aduk rata.
                1. +
                  • Masukkan ayam yang sudah digoreng ke dalam sausnya. Aduk sebentar dan angkat. Sajikan selagi hangat.
                  KET:
                  anda bisa tambahkan bahan selain yang dituliskan sesuai selera anda dan menambahkan atau mengurangi bumbu nya.

                  Tidak ada komentar:

                  Posting Komentar